12 Minuman Segar dan Sehat untuk Buka Puasa

12 Minuman Segar dan Sehat untuk Buka Puasa

Sarjana Resep - Varian minuman untuk buka puasa yang manis dan segar menjadi menu favorit bagi masyarakat Indonesia. Saat-saat menjelang buka puasa, pasti banyak ditemui penjual minuman takjil buka puasa di pinggir-pinggir jalan.

Harganya pun terbilang mahal disaat bulan puasa (baca: ramadhan), namun tetap saja laris manis dan pembeli pun tidak merasa keberatan. Mungkin inilah salah satu keberkahan bulan Ramadhan.

Ini bisa menjadi usaha musiman yang sangat menguntungkan. Cukup mempersiapkan minuman yang banyak diminati saat bulan puasa lalu menentukan lokasi yang pas untuk membuka berjualan.

12 Resep Minuman Segar dan Sehat untuk Buka Puasa

Berikut ada beberapa daftar menu minuman buka puasa yang manis dan segar, spesial di bulan Ramadhan. Minuman-minuman ini tentunya bisa kamu buat sendiri dirumah dengan mudahnya. Berikut daftarnya :

1. Es Kolak Pisang

Kolak pisang adalah takjil yang sangat favorit saat bulan puasa tidak hanya banyak dijual, kolak pisang juga banyak dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga untuk suguhan buka puasa bersama keluarga. Minuman kolak pisang sangat merakyat bagi masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Minuman ini begitu khas disaat bulan puasa tiba.

Rasanya yang merayat membuat kolak pisang banyak dijual dipinggir jalan dan banyak pula orang-orang dermawan yang membagikan minuman es kolak pisang kepada pengendara-pengendara pinggir jalan saat buka puasa telah tiba.

Untuk membuatnya, gunakan pisang kepok dan ubi kuning sebagai campuran untuk isi kolak yang akan dibuat. Sementara itu untuk membuat kuah kolak, memerlukan air, santan, sedikit tepung maizena, serta gula merah atau juga bisa menggunakan gula pasir.

Kolak pisang merupakan minuman yang sederhana yang selalu menjadi salah satu menu buka puasa andalan bagi banyak keluarga di Indonesia. Minuman ini nikmat diminum dalam keadaan hangat maupun dingin sesuai selera.

2. Es Cendol atau Es Dawet

Es Cendol atau Es Dawet merupakan minuman manis yang mempunya rasa yg khas Indonesia, saat bulan puasa Es Condel ini begitu populer dan menjadi minuman favorit keluarga untuk dihidangkan. Bahan utama minuman es Cendol ini merupakan dawet dibuat berasal dari tepung beras dan hunkwe.

Dawet diolah dan ditambahkan perwarna makanan menjadikan dawet memiliki warna yang begitu khas. Umunya berwarna hitam agak kecoklatan untuk yang berbentuk kotak, ada pula yang berwarna hijau.

Kuah untuk es ini terbuat dari santan dan air rebusan yang di campur dengan daun pandan. Rasa manis yang ada pada minuman ini terbuat dari gula merah cair, bisa diatur sendiri kadar manisnya sesuai selera.

3. Es Lidah Buaya

Es lidah buaya merupakan es segar yang paling nikmat. Memang rasanya tidak seenak es buah lainnya namun es lidah buaya bisa memberikan kesan paling kuat dan selalu membuat ketagihan. Tekstur rasa dari irisan daunnya begitu mengesankan lidah dan tenggorokan.

Minuman ini sangat mudah untuk dibuat dan menyehatkan, tentu tanaman lidah buaya akan banyak kita temui di daerah kita. Resep dan cara membuatnya juga cukup praktis dan tidak membutuhkan bahan-bahan lain yang sulit didapat.

Akan lebih praktis jika punya tanaman lidah buaya (aloe vera) ini di pekarangan rumah sendiri setidaknya tidak harus membeli tanaman lidah buaya. Dan tentunya mendapatkan daun lidah buaya segar yang baru saja dipetik.
Untuk membuat es lidah buaya cukup mencuci daging lidah buaya. Lalu rebus air, gula, bersama pandan sampai mendidih. Setelah hampir matang, masukkan daging lidah buaya dan matikan api.

Diamkan rebusan lidah buaya selama kurang lebih 1 jam, dan sajikan dengan menambahkan es batu. Supaya lebih nikmat, saat di sajikan bisa menambahkan toping atau aksesoris biji selasih untuk menambah sensasi menikmati es lidah buaya. Es ini sangat cocok dihidangkan saat berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

4. Es Sop Buah

Sop buah merupakan minuman segar yang menjadi menu takjil yang cukup favorit bagi masyarakat indonesia. Di bulan puasa menjelang buka puasa, pasti akan banyak ditemui penjual sop buah di pinggir-pinggir jalan.

Cara membuat sop buah ini pun cukup mudah Kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 jenis buah favoritmu, buah-buahan yang bisa kamu pakai bebas dan bisa kamu lebihkan, sebagai petunjung buah yang sangat rekomended seperti buah naga, jeruk, semangka, melon, kiwi, stroberi, pepaya, dan anggur.

Untuk membuat kuah sop buah, siapkan air matang, susu kental manis, dan sirup rasa stroberi. Namun, tidak masalah jika kamu tidak ingin menambahkan sirup hanya optional. Masukan dan campurkan buah-buahan ke dalam susu dan sajikan dengan es batu biar lebih nikmat.

5. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang ini adalah minuman khas daerah Betawi. Es Selendang mayang ini adalah minuman dengan rasa manis yang sangat menyegarkan.

Tentu bisa jadikan minuman untuk buka puasa yang beda. Cara membuat es selendang mayang sediakan tepung hunkwe sebagai bahan utama. Lalu tepung hunkwe dijadikan adonan yang dicampur dengan air dan sagu tani.
Setalah adonan siap, adonan tersebut diberi tambahan pewarna makanan umunya dipilih merah dan hijau, jangan lupa buat juga adonan yang tidak diberi pewarna. Tumpuk adonan dengan susunan pink, putih, dan hijau.

Setelah jadi, kamu tinggal membuat kuahnya dengan air rebusan daun pandan, santan, dan gula merah, lalu tiriskan sebentar. Setelah dingin sajikan es selendang mayang ini dengan es batu agar lebih nikmat, karena minuman ini lebih enak jika diminum dalam keadaan dingin.

6. Es Kacang Hijau

Es Kacang Hijau adalah minuman spesial yang kaya akan manfaat, mungkin sudah tahu semua akan manfaat dari kacang hijau yang kaya protein baik untuk kesehatan tubuh. Kacang dihijau bisa dijadikan minuman segar dan manis untuk takjil berbuka puasa.
Minuman es kacang hijau ini mudah dibuat sendiri dirumah, selain itu saat puasa es kacang hijau juga banyak dijual di warung kaki lima. Pembuatan kacang hijau ini cukup mudah, cuma perlu merendam kacang hijau mentah di dalam air hangat hingga mengembang.

Setelah itu kacang hijau rebus ulang agar diperoleh tekstur yang lebih empuk. Kuahnya bisa dibuat dari air rebusan daun pandan, susu kental manis, sedikit santan, dan gula merah cair. Minuman ini nikmat disajikan dalam keadaan dingin dan juga hangat.

Jika ingin menyajikannya dalam bentuk yang berbeda, tambahkan serutan es batu lalu ditambahn dengan sirup manis seperti sirup marjan yang berwarna merah atau hijau. Minuman buka puasa es kacang hijau sangat pas dan sehat untuk disajikan menjelang buka puasa.

7. Es Biji Selasih

Sudahkah kamu tahu apa itu biji selasih? Biji selasih diperoleh dari tanaman selasih yang banyak dimanfaatkan daun, bunga dan bijinya sebagai konsumsi rempah-rempah.
Biji selasih sendiri didalamnya terkandung zat yang baik untuk tubuh manusia. Salah satu kandungan penting yang dimiliki biji selasih ini adalah eugenol, tymol dan metal eugenol, berbagai macam vitamin kompleks, serat dan juga lemak.

Biji selasih akan nikmat jika dicampurkan dengan nata de coco yang kenyal dicampur dengan buah segar serta kuah dingin yang manis. Bisa dibayangkan betapa segarnya minuman yang satu ini.

Untuk membuat minuman biji selasih, caranya rendam terlebih dahulu biji selasih mentah ke dalam air hingga bijinya mengembang. Lalu untuk membuat kuah minuman ini dengan cara mencampurkan air matang dengan sirup rasa melom / stoberi.

Masukkan agar-agar, melon atau stoberi, nata de coco, dan biji selasih yang sudah mengembang kedalam kuah sirup yang sudah dibuat. Setelah semuanya tercampur dengan kuahnya, tambahkan serutan es batu agar rasanya semakin segar.

Es biji selasih pas dihidangkan untuk minuman berbuka puasa, atau kamu ingin mencoba menjualnya sebagai peluang usaha musiman di bulan puasa. Minuman ini sangat favorit dan disukai banyak orang lho.

8. Es Dalimun

Es dalimun mungkin masih terdengar asing di teling, lalu bagaimana dengan es cincau? Tentu sudah sangat cukup akrab dengan nama minuman cincau. Es dalimun atau nama lain dari es cincau yang lebih dikenal selama ini.

Cincau dibuat dari daun tumbuhan cincau. Cincau banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan, diantaranya adalah kandungan mineralnya cukup tinggi terutama kalsium dan fosfor. Cincau sangat baik dikonsumsi untuk program diet karena cincau rendah kalori tetapi mengandung tinggi serat.

Cincau mengandung nutrisi seperti karbohidrat, air, lemak, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimel tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida. Dengan kandungan gizi inilah Daun Cincau bisa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita

Es dalimun ini dibuat dengan bahan utamanya cincau hijau yang telah jadi. Cincau hijau matang disajikan dengan kolang kaling, di campur kuah santan dan hula merah cair. Es dalimun sangat nikmat disajikan saat dingin atau bisa tambahkan es batu untuk dinikmati saat berbuka puasa.

Minuman segar ini terbuat dari cincau hijau. Cincau hijau yang matang dicampur dengan kolang-kaling, kuah santan, dan gula merah cair. Akan terasa lebih nikmat saat disajikan dalam keadaan dingin, pilihan es yang paling pas adalah es batu serutan.

9. Es Kopyor

Setelah berpuasa seharian, segelas minuman yang segar untuk buka puasa akan menjadi suatu hal yang sangat nikmat untuk membasahi tenggorokan yang terasa kering. Minuman segar es kopyor bisa menjadi alternatif minuman segar lainnya saat berbuka puasa.

Es kopyor umunya dibuat dari serutan buah kelapa muda yang masih kenyal. Kuahnya adalah air kelapa itu sendiri, biasanya ditambah gula merah cair agar terasa lebih manis.

Akan tetapi jika tidak mendapati buah kelapa asli untuk diambil dagingnya. Bisa juga membuat daging kelapa imitasi dengan agar-agar tanpa warna kemudian dicampur dengan santan.

Setelah agar-agar berbentuk padat, agar-agar bisa dipotong berbentuk dadu. Kemudian siapkan air yang sudah dicampur sirup coco pandan. Kmeudian masukkan agar-agar ke sirup coco pandan lalu tambahkan es batu sebelum disajikan.

10. Es Pisang Ijo

Minuman es pisang ijo begitu nikmat dan segar, biasanya menjadi sangat dicari-cari saat bulan puasa, Rasanya nikmat, manis dan segar sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus, atau untuk berbuka setelah seharian menjalani ibadah puasa.

Selain rasanya yang enak, es pisang ijo ini mempunyai tampilan yang menarik. Pisangnya dibalut adonan berwarna hijau dan dihidangkan bersama kuah saus sirup. 

Minuman es pisang ijo berasal dari daerah Makasar, tapi sekarang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makasar. bisa kok membuatnya sendiri dirumah. Bahan-bahanya diantaranya pisang raja, adonan dari tepung terigu, tepung sagu, gula, santan, tambahkan sedikit garam serta rebusan air pandan.
Setelah adonan jadi, pisang digulung bersama adonan lalu dikukus sampai matang. Untuk sausnya, cara membuatnya dengan air, santan, gula pasir dan daun pandan. Aduk pelan-pelan hingga menyerupai bubur.

Setelah itu kukusan pisang jadi, iris dan tuangkan saus bubur yang sudah dibuat, terakhir tambahkan sirup manis warna merah dan tambahkan juga serutan es baru. Minuman es pisang ijo siap dihidangkan.

11. Es Blewah

Es blewah minuman yang sangat Indonesia sekali, sama halnya dengan kolak, es blewah sangat populer dan menjadi minuman favorit saat berbuka puasa. Rasanya manis dengan tambahan buah blewah yang diiris kecil-kecil menjadi minuman ini terasa menyegarkan.
Minuman ini merupakan minuman keluarga dengan harganya cukup terjangkau. Cara membuatnya cukup siapkan buah blewah dan daging dari buah blewah diserut, untuk kuahnya dibuah dari sirup cocopandan, akan lebih nikmat jika ditambahkan susu putih kental manis. Dan jangan lupa tambahkan es batu agar rasanya lebih nikmat.

12. Es Rumput Laut

Es rumput laut merupakan salah satu sajian lezat yang sering disajikan dalam bentuk minuman dingin. Menikmati es rumput laut memang sangat menyegarkan. Apalagi, bila dipadukan dengan bahan lain secara tepat. Hasilnya, pasti akan sangat nikmat dan menyegarkan.

Membuat es rumput laut ini sangat mudah, bahan utamanya yaitu rumput laut, cuci bersih. Setelah itu siapkan kuahnya.
Untuk kuahnya sendiri bisa dibuat dengan air santan yang direbus dan tambahkan susu dengan sedikit gula pasir, bisa ditambahkan sirup manis (cocopandan) membuat minuman es rumput laut jadi lebih menggugah selera.

Es rumput laut lebih nikmat disajikan dengan buah-buahan dan nata de coco dan serutan buah kelapa muda, biasanya juga ditambahkan dengan kolang kaling.

Jangan lupa tambahkan serutan es batu. Sekarang Es rumput laut siap disajikan untuk melepas dahaga saat buka puasa.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard