Resep dan Langkah-langkah membuat Kopi Dalgona Anti gagal

Membuat Kopi Dalgona
Kopi Dalgona (Foto : twitter.com/kristina_roria).

Sarjana Resep - Kopi Dalgona Merupakan minuman baru-baru ini viral yang dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang sama. Campuran itu kemudian dikocok sehingga menjadi krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas.

Sebagai hiasan, pada bagian atasnya dapat juga ditambahkan dengan kopi instan, coklat, biskuit yang sudah dihancurkan, atau madu sesuai dengan selera anda. Kopi Dalgona dapat dibuat dengan menggunakan kopi instan, tidak bisa menggunakan kopi bubuk. Ini karena kopi bubuk tidak dapat membuat topping padat dan berbusa seperti yang diinginkan.

Awalnya minuman ini berasal dari daerah Rajasthan, India. Di daerah tersebut minuman ini juga dikenal sebagai kopi kocok atau kopi krim . Minuman ini menjadi viral di media sosial ketika Jung Il-woo, seorang aktor Korea Selatan mengunjungi sebuah restoran di Makau dan di sana ia disajikan sebuah minuman yang mengingatkannya pada "permen dalgona", salah satu jenis permen di Korea. Minuman ini kemudian juga ditampilkan pada salah satu acara TV Korea Selatan yang berjudul "Stars Top Recipe at Fun-Staurant".

Permen dalgona aslinya dibuat dengan menggunakan gula dan soda kue. Bentuk permen ini mirip seperti permen lolipop dan hingga saat ini masih dijual di berbagai daerah wisata di Korea Selatan. Konon, jika kita berhasil makan permen tersebut tanpa merusak bentuknya maka kita akan mendapatkan satu permen lagi secara gratis dari penjualnya.


Kopi dalgona buatan rumahan pertama kali diviralkan oleh channel YouTube Korsel dengan menggunakan tagar #dalgonacoffeechallenge sebelum akhirnya menyebar juga melalui TikTok.

Berikut Langkah-langkah dan bahan Membuat Kopi Dalgona 

Bahan-bahan untuk 4 Cup 150ml
  • Susu Diamond Full Cream
  • 4 sachet Kopi Nescafe Classic
  • 4 sdm Gula Pasir
  • 5 sdm Air Hangat
  • Es batu

Langkah
  • Campurkan kopi, gula pasir, dan air hangat. Aduk menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang dan berubah warna menjadi coklat susu.
  • Masukan es batu ke dalam gelas, kemudian tuangkan susu sebanyak 3/4 gelas
  • Tuangkan krim kopi ke atas gelas, harus pelan sambil ditata rapi
  • Tambahkan topping: misalnya bubu Milo coklat dan wafer.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard