Resep dan Cara Membuat Bubur Cha Cha


Sarjana resep - Hallo semuanya, Kembali lagi bersama mimin yang akan memberi kalian seputar resep tentang makanan, minuman dan dessert. Kali ini mimin akan membagi kalian resep dan cara membuat Bubur Cha Cha.

Resep dan Cara Membuat Bubur Cha Cha, Bubur cha cha
Bubur cha cha
Kalian tau bubur cha cha? Bubur cha cha ini termasuk kedalam jenis dessert yaa. Bubur khas dari Malaysia dan Singapure tetapi juga bubur khas dari betawi (Mimin gak tau sih detailnya bagaimana :D) mungkin kalian tau detailnya bagaimana komen aja ya dibawah. Bubur cha cha bentuk hampir mirip dengan kolak campur – campur tetapi bubur cha cha tidak menggunakan gula merah.

Langsung saja yaa mimin bagi resepnya, yang sebelumnya dithread oleh @sifoodies di twitternya.

Bahan – bahan :
- 50 gr tapioka pearl
- 75 gr tepung tapioka
- 50 ml air panas
- 1 tetes pasta rasa pandan
- 200 gr ubi merah/orange
- 200 gr ubi ungu
- 200 ml santan
- 400 ml air
- 3 lembar daun pandan
- 1/8 sdt garam
- 6 sdm gula pasir (sesuai selera)

Cara membuatnya :
  • Pertama cuci tapioka pearl diatas saringan dengan air mengalir. Rebus di air mendidih selama 10 menit. Jika sudah matikan api. Diamkan di panci krg lebih 5 menit sampai semuanya menjadi transparan. Kemudian angkat dan rendam dalam air.
  • Selanjutnya tuang air panas ke tepung tapioka dan beri perasa pandan. Lalu aduk hingga menyatu dan menggumpal. Jika sudah mulai dingin bisa dikepal-kepal hingga warnanya merata. Kemudian gulung adonan hingga diameternya 1 cm dan potong-potong. kemudian rebus dalam air yang mendidih hingga dia mengapung kemudian kita angkat. Rendam dalam air
  • Selanjutnya kukus ubi yang sudah dipotong - potong hingga matang.
  • Masak air, daun pandan dan gula pasir hingga larut. Masukkan garam dan santan. Masak sampai mulai meletup - letup kemudian matikan api.
  • Terakhir tata semua bahan isi di mangkuk kemudian siram dengan kuah santan. Dan Bubur Cha Cha Siap disajikan hangat atau dingin.

Selamat mencoba dirumah masing – masing.

Source: https://twitter.com/sifoodies/status/1264009275745042432

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard