Resep dan cara membuat Udon yang mudah dan enak

Sarjana resep – Kali ini mimin akan share resep makanan dari Jepang, yaitu resep dan cara membuat udon yang mudah dan enak. Kalian pernah makan udon gak? Pengen makan udon tapi sulit untuk mencari makanannya. Daripada pusing – pusing lebih baik bikin sendiri :D cara membuatnya mudah loh.
Resep Udon, cara membuat Udon, udon
Udon (Foto: twitter.com/cereell).

Udon adalah salah satu makanan khas yang berjenis mie yang sudah dikenal lama di negara Jepang yang bahan terbuat dari tepung terigu yang nantik mie nya berbentuk tebal dan agak lebar. Dibandingkan dengan mie biasa udon lebih liat dan kenyal dan mienya berwarna putih. Udon biasanya diolah dengan kuah yang bening tambahan dari kaldu shoyu atau dashi atau juga bisa disebut miso. Ukuran mie udon memang berbeda ukuran dari mie – mie yang lainnya ada yang bulat tebal, ada yang pipih lebar dan banyak lagi bentuk – bentuk ukurannya.


Menurut artikel dari bobo.grid.id, walaupun udon dikenal sebagai mie dari Jepang, ternyata mie ini kononnya diperkenalkan oleh orang Tiongkok pada masa dinasti Tang. Pada masa itu, udon tidak berbentuk seperti mie, tapi lebih mirip dengan wonton lebar pipih (sejenis pangsit).
Udon menjadi populer di Jepang karena udon menjadi hidangan utama penganut agama Buddha. Lalu akhirnya pada zaman Edo, udon mulai berkembang di Jepang, mulai dari lingkungan kerajaan hingga ke seluruh masyarakat. Dan hingga sekarang kira bisa menikmati udon dirumah masing – masing dengan bahan yang sekarang.

Oke langsung saja mimin bagi bahan yang di thread oleh @cereell di twitternya pada tanggal 18 Mei 2020.

Bahan – bahan :
  • udon
  • narutomaki
  • bakso ikan
  • salmon belly
  • daging short plate slice
  • dashi bubuk
  • telur
Cara membuatnya :
  1. Pertama marinasi daging dan salmonnya ke kecap asin
  2. Lalu iris tipis narutomaki
  3. Lalu rebus udon, bakso ikan dan narutomaki sampai matang
  4. Kemudian bikin *pouched egg*
  5. Lalu panaskan salmon belly di fry pan dengan minim minyak
  6. Selanjutnya rebus dashi bubuk sebagai kuah udon sampai mendidih
  7. Terakhir masukkan daging ke kuah udon sampai matang
  8. platting, selesai
Selamat mencoba dirumah masing - masing.

Source: https://twitter.com/cereell/status/1262427289469325324

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard