Resep Membuat Kuah Bakso Enak dan Gurih

resep kuah bakso, membuat kuah bakso, kuah bakso enak
Bakso Kuah (Foto : twitter.com/aliciaicaaa06).

Sarjana Resep - Bakso merupakan makanan yang banyak diminati, makanan bulat dengan campuran daging membuat para pegemarnya semakin banyak. Bakso tidak terlepas dengan kuahnya, bakso dengan kuah yang enak akan membuat bakso itu sendiri menjadi lebih enak. Coba bayangkan bakso dengan rasanya yang sudah pas hancur karena kuahnya yang rasa ampas. 

Bakso atau baso adalah bakso Indonesia, atau pasta daging yang terbuat dari surimi daging sapi. Teksturnya mirip dengan bola daging sapi Cina, bola ikan, atau bola babi. Kata bakso dapat merujuk pada satu bakso atau hidangan lengkap sup bakso. Mie bakso mengacu pada bakso yang disajikan dengan mie kuning dan bihun, sedangkan bakso kuah mengacu pada sup bakso yang disajikan tanpa mie.

Bakso dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari PKL hingga restoran kelas atas. Bersamaan dengan soto, sate, dan siomay, bakso adalah salah satu makanan jalanan paling populer di Indonesia. Saat ini, berbagai jenis bakso siap masak juga tersedia sebagai makanan beku yang dijual di supermarket di Indonesia.

Bakso biasanya dibuat dari daging sapi yang digiling halus dengan sedikit tepung tapioka dan garam, namun bakso juga dapat dibuat dari bahan-bahan lain, seperti ayam, babi, ikan atau udang. Tidak seperti resep bakso lainnya, bakso memiliki tekstur yang konsisten, padat, dan homogen karena polimerisasi myosin dalam surimi daging sapi.

Karena kebanyakan orang Indonesia adalah Muslim yang menjalankan hukum diet halal, umumnya bakso dibuat dari daging sapi, ayam atau campuran daging sapi dengan ayam. Sementara di daerah mayoritas non-Muslim, seperti di Pecinan di kota-kota besar dan pulau mayoritas Hindu di Bali, daging babi bakso mungkin ditemukan.

Secara tradisional, pasta surimi atau adonan daging sapi dibuat menjadi bola-bola dengan tangan dan direbus dalam air panas. Setelah daging matang, bakso dikeringkan dan disajikan atau didinginkan untuk digunakan nanti. Bakso yang sudah dimasak biasanya ditampilkan di jendela gerobak kaki lima.


Bakso biasanya disajikan dalam semangkuk kaldu sapi, dengan mie kuning, bihun (bihun), sayuran asin, tahu, telur (dibungkus bakso), brokoli Cina, tauge, pangsit daging siomay atau kukus, dan pangsit garing, ditaburkan dengan bawang merah goreng dan seledri. Irisan bakso sering digunakan dan dicampur sebagai pelengkap dalam resep mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Dari pada panjang lebar, membuat tambah penasaran. Berikut : 

Membuat Kuah Bakso Enak dan Sederhana

Bahan-bahan :
  • 2 liter air
  • 5 siung bawang putih
  • 1,5 sdt kaldu bubuk (me:kaldu jamur)
  • 1/4 buah jahe dikupas dan cuci dulu (biarkan utuh)
  • 1 sdm garam
  • 2 batang daun seledri
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • Sejumput gula pasir
  • Secukupnya bawang goreng untuk taburan

Langkah Membuat :
  • Goreng bawang putih yang sudah dikupas. Goreng hingga kecoklatan, angkat lalu haluskan.
  • Masak air hingga mendidih. Jika sudah mendidih masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, jahe yang sudah dikupas, daun seledri, garam, kaldu jamur dan lada bubuk. Aduk hingga larut dan tercampur rata
  • Masukkan bakso yang sudah diiris bentuk + bagian ujungnya. Masukkan tahu putih. Biarkan beberapa menit hingga bumbu meresap.
  • Masukkan daun seledri uang sudah dicincang kasar dan beri taburan bawang goreng. Matikan kompor
  • Siap disajikan dengan bihun/mie kuning, lontong/nasi, cabe rebus yang sudah diuleg diberi air kaldu bakso, sayur sawi hijau/kubis, kecap dan saos sesuai selera

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard